ATMI BIZDEC – Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi H.E. Prof. Stella Christie, Ph.D bersama dengan timnya mengunjungi Politeknik ATMI Surakarta pada hari ( 07/02).
Solo, ATMI BizDEC – Transformasi Manager 4.0 merupakan salah satu skema pelatihan yang populer beriringan dengan perkembangan industri di Indonesia yang menuju proses industri 4.0.
Solo, ATMI BizDEC – Pelatihan kerja merupakan salah satu elemen penting dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di berbagai sektor industri. proses pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, serta pengetahuan pekerja agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih efektif dan efisien.
Solo, ATMI BizDEC – Handling Complaint termasuk kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang customer service atau divisi hubungan masyarakat di sebuah perusahaan maupun instansi. Melalui Handling Complaint yang baik, mampu mendukung juga peningkatan omset perusahaan dan dapat menjadi acuan evaluasi untuk ke depannya.
Sebelum anda belajar bagaimana cara Handling Complaint dengan baik, anda perlu tahu apa itu handling complaint.
Handling Complaint adalah bagaimana respon dan tindakan yang perusahaan lakukan untuk memberikan solusi terhadap keluhan pelanggan.
Anda dapat melakukan cara berikut saat ada keluhan dari pelanggan:
Mendengarkan Keluhan Pelanggan Dengan Seksama Dengan begitu anda dapat mengetahui apa yang menjadi akar pemasalahannya. Jangan pernah sekali-kali anda memotong pembicaraan karena dapat membuat pelanggan menjadi lebih kesal dan anda akan dianggap tidak sopan, namun jangan terlalu diam karena pelanggan bisa menganggap anda tidak peduli.
Membaca Karakter Pelanggan Setelah anda mendengarkan, anda dapat membaca karakter pelanggan yang mengajukan keluhan seperti apa. Anda juga dapat mengetahui bagaimna cara anda menghadapi masalah tersebut.
Mencatat Secara Rinci dan Mengajukan Pertanyaan Dengan Akurat Anda tidak mungkin bisa mengingat keluhan dan cerita dari pelanggan, maka dari itu anda wajib mencatat. Tidak hanya mencatat anda juga wajib memberikan beberapa pertanyaan supaya anda dapat memperoleh solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.
Menyampaikan Solusi yang Cepat, Jelas, dan Terbukti Jika memang keluhan yang pelanggan berikan sudah diprediksikan oleh perusahaan maka mungkin masih mudah untuk menanganinya. Terdapat pula dimana anda tidak bisa mengatasinya sendiri dan butuh berdiskusi. Sampaikan hal tersebut dengan jelas agar pelanggan mengerti bahwa keluhannya memang tidak bisa diselesaikan diwaktu saat itu juga. Meskipun begitu tetap pastikan untuk tidak mengulur-ulur waktu dalam mencari solusi, secepat mungkin segera memberikan solusi kepada pelanggan.
Training Center ATMI – PT ATMI BizDEC merupakan pusat pelatihan industri manufaktur yang telah dipercaya dalam mendukung tercapainya kompetensi tenaga kerja yang kompeten.
Temukan solusi peningkatan unit bisnis anda melalui pelatihan SDM berkompetensi industri bersama kami.
Informasi pelatihan dan pendaftaran, hubungi contact person kami untuk konsultasi hingga penawaran lebih lanjut