Blog

Apa Itu Management Trainee? Ini Pengertian dan Job Desknya

Solo, ATMI BizDEC – Management Trainee adalah prosedur yang perlu dijalankan untuk mencetak jajaran manajer baru.  Biasanya, pelatihan ini dilaksanakan khusus bagi lulusan terbaru dari kampus maupun universitas.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, management trainee adalah sejenis pelatihan bagi pegawai yang akan mengisi jabatan manajerial. Ada juga beberapa yang menyebut bahwa management trainee adalah sistem penerimaan pegawai baru pada sebuah industri. Nantinya, pegawai yang sudah diterima melalui pelatihan ini, akan melaksanakan tugas dan menerima instruksi langsung dari manajer.

Pastinya Management Trainee memiliki suatu Job Desk, berikut merupakan beberapa tugas dan pekerjaan yang dilakukan oleh Management Trainee:

  1. Belajar Tentang Bisnis 
    Management Trainee adalah individu yang harus belajar dan memahami bisnis yang ada di perusahaan ia bekerja. Dapat memahami tentang produk dan layanan yang ditawarkan, target pasar dan strategi bisnis.
  2. Pelatihan dan Pengembangan 
    Management Trainee juga seorang yang menerima pelatihan dan pengembangan di berbagai bidang seperti manajemen sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, dan operasi bisnis.
  3. Membantu Tugas Manajemen
    Management Trainee juga dapat membantu tugas-tugas manajemen sehari-hari, contohnya seperti memantau operasi bisnis, mengawasi kinerja karyawan dan mengikuti rapat tim.
  4. Menyelesaikan Proyek 
    Management Trainee juga bertugas untuk menyelesaikan proyek yang diberikan oleh manajemen.
  5. Memperoleh Keterampilan Kepemimpinan
    Job Desk management trainee lainnya adalah akan diajarkan untuk mengembangan keterampilan kepemimpinan seperti komunikasi, mengambil suatu keputusan dan pengelolaan waktu.
  6. Evaluasi Kinerja 
    Job Desk berikutnya adalah melakukan penilaian. Setelah melakukan pekerjaan, mereka akan di evaluasi berdasarkan kinerjanya dan kemampuan untuk memenuhi tugas-tugas yang di tugaskan.
  7. Networking 
    Membangun jaring dengan karyawan-karwayan yang ada di perusahaan.

Training Center ATMI – PT ATMI BizDEC merupakan pusat pelatihan industri manufaktur yang telah dipercaya dalam mendukung tercapainya kompetensi tenaga kerja yang kompeten.

Temukan solusi peningkatan unit bisnis anda melalui pelatihan SDM berkompetensi industri bersama kami.

Informasi pelatihan dan pendaftaran, hubungi contact person kami untuk konsultasi hingga penawaran lebih lanjut.

Daftar Pelatihan

Hubungi:
WhatsApp
+62 815-6789-4829
Email:
marketing@atmibizdec.id

Tujuan Karyawan Membutuhkan Peningkatan Kinerja Melalui Pelatihan

Sesi Training Pemrograman Dasar

Solo, ATMI BizDEC – Karyawan adalah salah satu hal terpenting disuatu perusahaan, jika tidak adanya karyawan bisa saja perusahaan tersebut tidak berjalan atau tidak beroperasi dan pastinya perusahaan ingin karyawannya bekerja dengan baik. Oleh karena itu perusahaan dapat melakukan “Training Karyawan“.

Training Karyawan atau Pelatihan Karyawan merupakan sebuah program yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan teknik, pengetahuan, efesien, dan penciptaan nilai untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan cara yang lebih baik.

Dengan melakukan Pelatihan Karyawan, diharapkan dapat meningkatkan keahlian dibutuhkan untuk melakukan perkerjaan dan pengembangan diri karyawan itu sendiri, dengan bertambahnya keahlian dan keterampilan, maka karyawan akan bisa memberikan upaya dan usaha lebih untuk perusahaan.

Ada beberapa tujuan dengan melakukan Pelatihan Karyawan ini. Diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan Kinerja Karyawan
  2. Menigkatkan Engagement atau Keterlibatan Karyawan
  3. Memperbaiki Retensi dan Pertumbuhan Karyawan
  4. Manajemen Resiko dan Meningkatkan Efisien

Training Center ATMI – PT ATMI BizDEC merupakan pusat pelatihan industri manufaktur yang telah dipercaya dalam mendukung tercapainya kompetensi tenaga kerja yang kompeten.

Temukan solusi peningkatan unit bisnis anda melalui pelatihan SDM berkompetensi industri bersama kami.

Informasi pelatihan dan pendaftaran, hubungi contact person kami untuk konsultasi hingga penawaran lebih lanjut.

Daftar Pelatihan

Hubungi:
WhatsApp
+62 815-6789-4829
Email:
marketing@atmibizdec.id

Kemampuan dalam Training of Trainer (ToT)

Solo, ATMI BizDEC – Training of Trainer (ToT) menjadi profesi yang semakin penting, hal ini ditujukan karena banyaknya tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia. Untuk menciptakan kinerja karyawan yang ahli dan berkembang. Maka dari itu, dibutuhkan Training of Trainer. 

Training of Trainer atau yang bisa disingkat ToT adalah sebuah program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelatih dalam memberikan pelatihan secara efektif.

Orang-orang yang dilatih tidak selalu merupakan mereka yang masih baru terjun dalam dunia kepelatihan. Bisa juga mereka yang sudah pernah terjun ke dalam dunia kepelatihan, karena ingin memperbaharui skill dan pengetahuannya agar dapat relevan dengan perkembangan jaman.

Ada 7 hal yang harus diperhatikan untuk menjadi Training of Trainer :

  1. Komunikasi
  2. Dapat Mengajar
  3. Bahasa Verbal dan Non Verbal
  4. Sabar
  5. Membangun Relasi 
  6. Attitude
  7. Memahami Subjek yang Ingin Diajarkan

Training Center ATMI – PT ATMI BizDEC saat ini membuka program Training of Trainer (ToT) yang dirancang khusus untuk anda praktisi industri dan pendidik vokasi. Melalui program Training of Trainer anda dapat meraih kepercayaan publik terhadap kualitas manajamen lembaga dengan menyiapkan pendamping yang tersertifikasi. 

Temukan solusi peningkatan unit bisnis anda melalui pelatihan SDM berkompetensi industri bersama kami.

Informasi pelatihan dan pendaftaran, hubungi contact person kami untuk konsultasi hingga penawaran lebih lanjut.

Daftar Pelatihan

Hubungi:
WhatsApp
+62 815-6789-4829
Email:
marketing@atmibizdec.id

Cara Mengetahui Potensi Bahaya di Lingkungan Kerja

Solo, ATMI BizDEC – Kecelakaan akibat kerja bukanlah peristiwa yang diharapkan oleh siapa pun. Meski begitu, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja dapat disebabkan karena ketidaktahuan tenaga kerja atau karyawan terhadap potensi bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Bukankah unsur K3 menjadi tanggung jawab bagi perusahaan untuk menjamin karyawannya? 

Benar, perusahaan memiliki tanggung jawab dalam menyediakan fasilitas dan ketentuan yang menjamin keselamatan dan kesehatan kerja. 

Namun, bagaimana seandainya jika anda saat ini bekerja di perusahaan yang masih minim informasi atau fasilitas tentang keselamatan dan kesehatan kerja tersebut? 

Bukankah kecelakaan akibat kerja dapat terjadi di mana saja dan dalam situasi yang tidak direncanakan.

Maka dari itu, pengetahuan terhadap cara mengetahui potensi bahaya kerja dapat menjadi wawasan yang membantu anda untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja, dengan skala terkecil untuk keselamatan diri anda sendiri. 

Berikut ini kami telah siapkan ulasan singkat yang bisa anda pelajari demi menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja

Read More